Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

GLOBAL WARMING, Kiban ta Peugot..... ???


Fenomena global warming bukan hanya sekedar wacana. Lebih dari pada itu, fenomena global warming telah mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Udara yang semakin panas, daerah-daerah yang dilanda kekeringan sedangkan di daerah lainnya bencana banjir menyerang, serta makin banyaknya korban penyakit demam berdarah serta malaria. Percaya atau tidak, semua ini adalah bukti-bukti bahwa pemanasan global memang sedang terjadi.

Terhadap wacana global warming ini, banyak dari yang kita merasa tidak berdaya untuk mencegahnya. Pada akhirnya, yang kita lakukan hanyalah cuek dan hope for the best. Padahal, banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini dari bencana global warming. Jangan dulu berpikiran bahwa kita tidak mampu menyumbang perbuatan-perbuatan besar untuk mencegah global warming. Lewat hal-hal kecil, kita juga bisa membantu mencegah global warming. Ingat saja bahwa perjalanan sejauh ribuan kilometer berawal dari sebuah langkah kaki.

Jadi, sudah siap untuk berpartisipasi mencegah global warming? Berikut D~NET beberkan beberapa tips ABCDE untuk mencegah global warming.

1. Air Conditioning (AC)
Anda tahu kan bahwa AC bukanlah alat yang ramah lingkungan? Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kita tinggal di negeri yang beriklim tropis, atau dengan kata lainnya : PANAS. Nah, jika Anda masih berkeras menggunakan AC, cobalah kurangi temperaturnya. Apabila saat ini temperatur AC adalah 23, naikkan sedikit menjadi 25 atau 26 derajat Celsius. Percuma menyalakan AC jika Anda tidur memakai kaos lengan panjang, celana panjang serta menggunakan selimut?
Selain itu, jangan lupa untuk mematikan AC bila Anda tidak membutuhkannya. Misalnya, apabila hendak berangkat ke kantor, matikan dulu AC di kamar tidur Anda.

2. Blackle - Saving energy one search at a time
Jika Anda hendak mencari informasi di internet, gunakan Blackle.Com. Blackle.Com adalah situs pencari (search engine) yang mirip dengan Google, namun memiliki background berwarna hitam. Pembuat situs Blackle.Com mengatakan bahwa situs yang berlatar belakang hitam bisa menghemat 750 megawatt-jam selama satu tahun. Di halaman muka (homepage) Blacke tertera penghitung jumlah energi yang berhasil dihemat oleh semua pengguna Blackle. Untuk informasi lebih lanjut, klik http://www.blackle.com

3. Ctrl+P
Berpikirlah dua kali sebelum menekan tombol Ctrl+P pada PC Anda. Apabila kebutuhan Anda tidak terlalu mendesak, gunakan soft-copy (file computer) daripada hard copy (dokumen yang di-print). Untuk menghemat kertas gunakan Print Double Sided untuk menghemat kertas. Apabila mungkin, gunakan scarp paper, atau kertas bekas yang salah satu bagiannya masih kosong, untuk menge-print dokumen yang kita perlukan.

Tahukah Anda, setiap pegawai di sebuah kantor/perusahaan membuang sekitar 350 pound (atau sekitar 158 kilogram) kertas per tahunnya. Jika kita bisa meminimalisir jumlah ini, sama artinya kita mencegah efek global warming.

4. Dust Bin
Pisahkan sampah yang tidak bisa di daur ulang dan yang bisa didaur ulang untuk sampah rumah tangga. Jika Anda memiliki barang-barang elektronik bekas yang sudah tidak terpakai, kirimkan ke tempat penampungan barang-barang elektronik bekas.

5. Energy
Matikan lampu dan cabut alat-alat elektronik jika tidak dipakai (komputer dan peralatan elektronik lainnya menggunakan energi ketika mereka tersambung dengan sumber energi, meskipun ketika mereka tidak dalam posisi ON). Jangan biarkan komputer menyala pada saat Anda tidur malam. Set komputer anda ke mode sleep atau hibernate ketika tidak aktif, dan nonaktifkan mode screen saver. Untuk penghematan energi di komputer, coba intip fungsi ‘Power Management’ atau fitur hemat energi di ‘Control Panel’.

Jadi, bukan hanya Al Gore, politikus, artis, atau orang-orang ‘penting’ saja yang bisa melakukan perubahan di dunia ini. Anda juga bisa melakukannya. Mulailah perubahan itu dari diri Anda sendiri, dan yakinlah bahwa dunia akan mengikuti.

Sumber : berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat