Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

Kita Tidur di Atas Pusat Gempa, Kenapa Panik?

Kepala Pusat Vulkanologi, Surono
"Yang penting waspada, memang bencana datang pada saat kita lengah." 
VIVAnews, Selasa, 27 Juli 2010, 07:00 WIB
Elin Yunita Kristanti

Diungkap dalam sejarah, Batavia sebagai cikal bakal Jakarta, pernah luluh lantak dihajar gempa. Dua di antaranya terjadi pada 1699  yang diikuti letusan Gunung Salak, dan tahun 1883, saat Krakatau mengamuk.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono mengatakan, letusan dua gunung itu bukan penyebab gempa bumi.

"Kebalik, justru gempa bumi tektonik bisa merangsang letusan gunung api. Kalau gempa vulkanik tidak merusak, sebab, maksimal kekuatannya 2 skala Richter," kata Surono saat dihubungi VIVAnews, Senin 26 Juli 2010 malam.

Misalnya, tambah dia, meletusnya Gunung Talang dipicu gempa Mentawai 2004.

Sementara, untuk potensi gempa Jakarta, Surono berpendapat, jika dilihat dari peta percepatan, tidak sesuai jika Jakarta disebut terancam. Apalagi, peta percepatan bukan peta bahaya gempa bumi.

"Yang membahayakan bukan percepatan gempa. Tapi, goncangannya, pelulukan -- keluarnya air dalam bumi-- bangunan di atasnya bisa merangsek ke dalam tanah seperti Hotel Ambacang."

"Atau bencana tsunami yang bisa diakibatkan gempa bumi."

Masyarakat, tambah dia, tak perlu panik. "Kita tidur di atas calon pusat gempa bumi, di atas magma. Jadi jangan paranoid."

Dari geografisnya, Indonesia memang berada di atas zona tektonik sangat aktif. Sebab, berada di antara tiga lempeng besar dunia –Pasifik, Australia, dan Eurasia, dan sejumlah lempeng kecil lainnya bertemu di wilayah nusantara.

Berada di lingkaran ‘cincin api’ atau ring of fire membuat negeri ini langganan bencana, seperti gempa dan letusan gunung berapi.

"Dari zaman nenek moyang, Indonesia sudah rentan gempa bumi. Mau diramalkan ahli atau tidak, Indonesia tetap rawan gempa. Tapi keturunan nenek moyang kita bisa mencapai 200 juta jiwa."

Menurut dia, isu gempa Jakarta bisa menimbulkan hambatan sosial maupun ekonomi. Efeknya tak hanya pada warga Jakarta, atau Indonesia, yang menggantungkan diri pada Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi, tapi juga perwakilan asing. Juga mempengaruhi iklim investasi.

Yang terpenting, jelas Surono, adalah sikap waspada. Bagaimanapun gempa pasti ada, tidak bisa direkayasa. Yang harus dilakukan adalah bersikap waspada, mendirikan bangunan tahan gempa, dan persiapan diri. "Bencana datang pada saat kita lengah," ujarnya (np).
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat