Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

Muhammad Syam Sabil dilantik sebagai keuchik Lam Asan

baleeMUKIM. Selasa, 28 Juni 2011.  Masyarakat Gampong Lam Asan Mukim Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar, telah memiliki seorang pemimpin baru setelah Camat Darussalam Drs. Subki sebagai pejabat yang ditunjuk untuk mewakili Bupati Aceh Besar, melantik Muhammad Syam Sabil sebagai Keuchik Gampong Lam Asan periode 2011 sampai 2016.  Pelantikan yang dilakukan   di Meunasah Gampong Lam Asan  dilaksanakan secara sederhana namun berlangsung dalam suasana khidmat. Kegiatan Pelantikan yang dimulai pada pukul 14.45 WIB turut dihadiri oleh jajaran Muspika Darussalam plus Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Darussalam, Imeum Mukim Siem, dan turut disaksikan  juga oleh seratusan warga gampong Lam Asan.
Camat Darussalam Drs. Subki, dalam amanatnya mengajak kepada seluruh masyarakat Gampong Lam Asan agar mendukung sepenuhnya kepemimpinan Keuchik Muhammad Syam Sabil dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan gampong. Beliau juga mengamanahkan kepada keuchik baru agar dalam menjalankan pemerintahannya selalu berkoordinasi dengan Tuha Peut Gampong sebagai lebaga perwakilan rakyat di gampong.   Subki juga mengingatkan keuchik agar selalu melakukan koordinasi dengan Imeum Mukim sebagai salah satu level pemerintahan yang berwenang melakukan pembinaan terhadap pemerintahan gampong di Aceh sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan Qanun Aceh Besar nomor 8 tahun 2009 tentang Pemerintahan Mukim. 
Pada kesempatan itu Camat Subki juga tidak luput menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Keuchik lama Sulaiman Nago yang telah mendarma baktikan dirinya kepada rakyat, bangsa dan negara.  Beliau berharap agar pengabdian ikhlas dari Keuchik Sulaiman Nago mendapat nilai sebagai amal shaleh di sisi Allah Swt.

Sulaiman Nago sebagai keuchik demisioner yang diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua kata memyampaikann terima kasih kepada seluruh masyarakat gampong Lam Asan yang telah membantu dan mendampinginya dalam menjalankan roda pemerintahan di gampong.  Beliau juga menyampaikan permintaan maaf seandainya selama dalam kepeminpinan beliau ada hal-hal yang kurang berkenan dalam pandangan masyarakat. Tidak lupa, Sulaiman juga mengajak seluruh masyarakat Lam Asan untuk mendukung dan membantu sepenuhnya kepeminpinan keuchik yang baru Muhammad Syam Sabil.

Sementara itu, Keuchik Muhammad Syam Sabil. dalam sambutannya singkatnya mengharapkan kepada seluruh masyarakat yang telah mengamanahkan kepeminpinan di gampong lam Asan kepadanya agar ikut bersama-sama dalam membangun gampong tercinta.  Beliau juga sangat mengharapkan bantuan dan saran-saran dari keuchik lama yang telah berpengalaman dalam pembangunan gampong.
 
Hj. Wardah Hasyim, MA yang berbicara atas nama tokoh masyarakat menyebutkan bahwa sebenarnya gampong Lam Asan memiliki banyak potensi untuk dapat membangun dirinya baik menyangkut SDA maupun SDM.  Namun selama ini potensi yang tersedia tersebut belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal dalam pembangunan gampong.  Untuk itu Wardah menghimbau kepada semua warga gampong untuk selalu bekerjasama dan mendukung Keuchik yang baru untuk membangun gampong dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh gampong.   Wardah juga meminta kepada Camat Darussalam beserta dengan jajaran Muspikanya agar berkenan melakukan pembinaan terhadap masyarakat dan pemerintah gampong Lam Asan.

Kegiatan Pelantikan itu juga diwarnai dengan prosesi peusijuk terhadap keuchik baru yang dilakukan oleh Tgk. Amiruddin Ali, Ketua Tuha Peut,  dan Imeum Mukim Siem Asnawi Zain, SH.  Kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang 1 jam diakhiri dengan jamuan makan bu leukat kuneng.  Selamat untuk Keuchik Baru, semoga Lam ASan ke depan akan lebih maju dan berjaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat