Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

Pemuda Mukim Siem Hijaukan Tuwie Geulumpang

Selasa, 15 November 2011
Seratusan Pemuda dari 8 Gampong dalam wilayah Mukim Siem Aceh Besar, pada hari Selasa tanggal 15 November melaksanakan kegiatan penghijauan melalui kegiatan Gerakan Bakti Penghijauan Pemuda di kawasan Embung Tuwie Geulumpang Mukim Siem. Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 15.00 WIB itu berhasil menanam lebih kurang 2000 batang pohon dari berbagai jenis diantaranya Mahoni, Trembesi, Jati, dan Sangon.

Kegiatan yang digagas oleh Imeum Mukim Siem Aceh Besar ini, mendapat dukungan sepenuhnya dari Dishutbun Provinsi Aceh dan  dewan pengurus daerah knpi Aceh Besar.  

Selain dihadiri oleh perwakilan Jajaran Dishutbun Aceh, kegiatn GBPP ini dihadiri juga oleh pengurus DPD-KNPI Aceh Besar, Camat Darussalam beserta jajaran MUSPIKA, serta para perangkat gampong dalam Wilayah Mukim Siem. 

Imeum Mukim Siem Darussalam Aceh Besar Asnawi Zainun, SH,  dalam sambutannya menyebutkan bahwa salah satu tujuan diadakan kegiatann Gerakan Bakti Penghijauan Pemuda di wilayah Mukim Siem ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran kalangan muda, khususnya yang ada di wilayah Mukim Siem akan pentingnya menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup demi kelangsungan kehidupan warga bumi di masa yang akan datang.  Imeum Mukim Siem mengharapkan dengan adanya kegiatan penghijauan ini, kawasan Embung Tuwie Geulumpang Mukim Siem di masa yang akan datang akan menjadi salah satu kawasan penyimpanan air di Aceh Besar, selain akan bermanfaat untuk pengairan area persawahan di Mukim Siem, diharapkan juga akan menjadi salah satu sumber penyediaan air bersih untuk rumah tangga.  Dan yang tak kalah penting diharapkan melalui kegiatan penghijauan ini, dimasa akan datang kawasan Tuwie Geulumpang akan bermanfaat sebagai salah satu kawasan yang akan membantu mereduksi karbondioksida (CO2) di udara. 

Camat Darussalam Drs. Subki M. Shaleh, dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga dan memelihara lingkungan hidup, karena hanya dengan dukungan masyarakat program Pemerintah Aceh menuju Aceh Green dapat terwujud.  Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan yang disampaikan oleh salah seorang staff dari dinas dimaksud.

Yang menarik dalam kegiatan penghijauan ini juga diisi dengan kegiatan pencerahan yang disampaikan oleh da'i kondang Aceh Drs. Tgk. Sri Darmawan.  Dalam pencerahannya Tgk Wan begitu beliau akrab dipanggil, menjelaskan secara panjang lebar hubungan antara Islam dengan kegiatan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Menurut Tgk. Wan menjaga lingkungan hidup merupakan salah satu sisi ajaran Islam yang sangat penting.  Dalam Al-Qur'an maupun Hadist Nabi kita menemukan ajaran yang memerintahkan kita untuk melakukan  perbaikan dan melarang kita untuk melakukan pengrusakan di atas bumi. Beliau juga menghimbau kepada seluruh hadirin untuk menjadkan kegiatan menanam ini sebagai kegiatan penting dalam kehidupan sehari-hari yang bila dilakukan dengan ikhlas akan bernilai ibadah di sisi Allah Swt. (bM)

2 komentar:

  1. Meutuah...saya yakin kegiatan ini merupakan amal baik warga siem bagi upaya pelestarian lingkungan hidup yang memang merupakan tanggung jawab kita selaku manusia,usaha usaha seperti ini terus terang mengharukan bagi saya di tengah apatisnya sebagaian masyrakat lain dalam mengelola dan merawat lingkungannya, akan tetapi kita tetap berharap semoga kegiatan yang di motori pak mukiem siem ini menginspirasikan kelompok masyarakat lain untuk berbuat demikian agar cita cita pelestarian alam dan lingkungan bisa tercapai yang kemudian mampu kita pertahankan untuk kita wariskan Alam Aceh yang lestari kepada generasi generasi setelah kita...

    BRAVO MUKIM SIEM...Beu Meutuah Tgk Asnawi...

    Wassalam

    ZAHRUL

    BalasHapus
  2. Ok. Terima kasih Zahrul atas segala dukungannya. Bersama kita bisa..!!!!

    BalasHapus

Jadwal Shalat