Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

Mukim Se-Aceh Bangkit dari Dayah Tgk Hasan Krueng Kalee


Duek Pakat Mukim Aceh Besar
Banda Aceh – Para Imum Mukim yang ada Aceh mengadakan acara Duek Pikee I Mukim se-Aceh untuk membicarakan peran dan eksistensi mukim dalam pembangunan lingkungan di Aceh.

Pertemuan tersebut berlangsung  sejak tanggal 23 hingga 24 Maret 2013 di komplek Dayah terpadu Darul Ihsan Tgk Haji Muhammad Hasan Krueng Kalee, Desa Siem, Kecamatan Aceh Besar Darussalam, Sabtu (23/03/2013).

Ketua Majlis Duek Pikee Mukim se-Aceh Mahmud Abdullah dalam kata sambutannya mengatakan, fungsi dan peran mukim di Aceh harus digalakkan lagi dalam struktural masyarakat berhubung lembaga mukim sejak dulu mempunyai peran penting dalam kehidupan sosial masyarakat Aceh.Selain itu, mukim juga mempunyai hak dan kewenangan tertentu dalam menentukan wilayah-wilayahnya, seperti kawasan mukim yang nantinya menjadi tanggungjawab Mukim secara kelembagaan.

Ketua Yayasan Darul Ihsan H Musannif SE menyampaikan, ia menyambut baik pertemuan Imum Mukim se-Aceh yang diadakan di dayah Darul Ihsan karena selain sebagai tempat mendidik generasi Aceh dalam ilmu agama, dayah juga berperan sebagai pembangkit dan mempunyai fungsi sosial lainnya dalam kehidupan sehari-hari seperti zaman dulu dan tidak hanya terbatas pada pengajian saja.

“Hari ini Imum Mukim ada tapi tiada, Pemerintah juga sama,” ujarnya saat menjelaskan bahwa Imum Mukim selama ini seperti tidak terberdayakan dalam fungis-fungsi membangun masyarakat.
Beberapa ia mencontohkan bahwa Imum Mukim tidak berdaya saat pengrusakan lingkungan terjadi di kawasan Aceh yang dilakukan oleh oknum yang mengedepankan kekerasan. “Inilah yang menjadi satu penyebab kenapa Imum Mukim tidak berperan maksimal dalam mengatur dan mengelola kawasannya,” paparnya.

Sementara Tgk H Waisul Qarani Aly as Su’udi, cucunda dari Tgk Muhammad Hasan Krueng Kalee selaku pendiri dan pembina dayah Darul Ihsan mengatakan dalam kehidupan mukim zaman dulu ada kawasan tertentu yang dinaungi oleh mukim. Kawasan itu dihitung selama satu hari jalan pulang pergi, namun itu seperti tidak ada pengakuan dari pemerintahan. “Dulu mukim punya otoritas sendiri, tapi selama orde lama ini dihapus dan kini sudah dikembalikan lagi akan tetapi belum berfungsi menyeluruh,” ungkapnya.

Diharapkannya, dengan Duek Pikee I Mukim se-Aceh ini mampu mengembalikan eksistensi dan peran mukim dalam mengatur masyarakat adat yang diakui dalam tatanan hukum negara NKRI.
Kegiatan yang bertemakan “Mukim Berdaulat dan Cara Kita Mewujudkannya” itu bertujuan membangkitkan peran dan fungsi mukim se- Aceh dan terselenggara atas kerjasama 14 lembaga yang fokus pada isu lingkungan dan adat, diantaranya YRBI, PENA, JKMA, RPUK, Annisa, Prodelat, AJMI dan CV Tripot. (zamroe)  
SUMBER: ACEHLINK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat