Adat bak Poteumeureuhoem, Hukoem bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Lakseumana”~~~~~~~ Adat ban adat, hukom ban hukom, hanjeut meuron-ron krie-krie nyang hawa, watee meupakat adat ngon hukom, nanggroe rukon, hana le goga~~~ Roek ngon bara bak ureung naggroe, pasoe bajoe bak ureung tuha, tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteh itam bak ulama~~~Gaseh keu aneuk beuget tapapah, gaseh keu nangbah beuget tajaga~~~Raseuki deungon tagagah ....Tuah deungon tamita.....Tuah meubagi-bagi.......Raseuki meujeumba-jeumba~~~~~Teupat ke pangkai, akay keu laba~~~ KRAB TAJAK GEUBRIE SITUEK, JAREUNG TADUEK GEUJOK TIKA~~~~~ ASAI CABOK NIBAK KUDE, ASAI PAKE NIBAK SEUNDA ~~~~~~~~ Duek, duek aree, jak, jak langay~~~~Meunyoe ate hana teupeh pade bijeh geupeutaba, tapi meunyoe ate ka teupeh bu leubeh han meuteumeung rasa~~~Jaroe bak langay, mata u pasay~~~Singet bek rhoe beuabeh~~~ Nibak puntong get geunteng, nibak buta get juleng~~~Mate aneuk meupat jeurat, mate adat pat tamita~~~Tameh surang sareng, asay puteng jilob lam bara~~~tameungeuy ban laku tuboh, tapajoh ban laku atra ~~~Uleu beumate, ranteng bek patah~~~Kameng blang pajoh jagong, kameng gampong keunong geulawa~~~lagee manok toh boh saboh, jeut lampoh soh jimeuseurapa, dipinyie jitoh siribee, hana jithee le silingka~~~ lagee bubee duwa jab, keunoe toe keudeh pih rhab~~~bak adat han jikab, bak hukom han ji talum~~~paleh sagoe meuleuhob jurong, paleh gampong tan ureung tuha~~~hak ube jiplueng, bulueng ube jiteuka~~~meunyoe na ate, pade tatob, hana bak droe talakee bak gob~~~rayek rumoh rayek keunaleung, rayek bateueng rayek sawa, rayek pageu rayek beunteueng, rayek ureung rayek keureuja~~~PUTOH NGON MUPAKAT, KUWAT NGON MEUSEURAYA~~~~~~blink>Diet Peugah Duem Peubuet Banja Beusanteut Mukim Siem Tapuga

R a n u b si G a p u e


Assalamu'alaikumwarahmatullah...
Jaroe duablah ateuh jeumala,
Saleum ulon brie keu syedara meutuwah,
Neubrie ya Allah mandum sijahtra...
Amiin Ya Rabbal A'lamiin...

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua Pengunjung blog baleeMUKIM. Meski dalam format dan tata saji yang amat sederhana, kami memberanikan diri untuk mendedikasikan blog ini untuk mengawal, mempertahankan dan mengembangkan keberadaan komunitas dan Lembaga Pemerintahan Mukim di Aceh pada umumnya, atau Mukim Siem - Darussalam khususnya.
Kami mengundang pengunjung sekalian agar berkenan berpartisipasi mewujudkan Visi dan Missi dari blog baleeMUKIM ini. Sumbangan pikiran, pendapat, komentar, kritik, saran, dan apapun yang sifatnya konstruktif, merupakan cemeti yang seharusnya mendorong kita untuk lebih maju.
Pengunjung sekalian...sekecil apupun keterlibatan anda dalam upaya pencapaian tujuan mengawal, mempertahankan dan mengembangkan eksistensi komunitas Mukim di Aceh, menurut kami mesti diapresiasikan sebagai perjuangan menuju kehidupan lebih terhormat dan bermartabat di atas landasan budaya kita sendiri.
Ayo..., lakukan ...!!! Bersama Kita Bisa...!!!

"Rhoek ngen bara bak ureung Nanggroe, Pasoe bajoe bak ureung tuha, Tameh teungoh bak ulee balang, peutrang puteeh itam bak ulama."
Pengunjung sekalian..., mari wujudkan cita-cita besar ini, mulailah dengan sebuah langkah kecil. ingat...!!! Perjalanan ribuan kilometer selalu diawali dengan sebuah langkah kecil...lakukan sekarang...!

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
teurimong gaseh.
Imeum Mukim Siem.

KEKUASAAAN PEMERINTAHAN MUKIM DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA ALAM

Senin, 3 Agustus 2009
Penulis : H. Taqwaddin, SH., SE., MS.

Menurut Sejarahnya, sejak masa Kerajaan Aceh Darussalam hingga awal Pemerintahan NKRI dimasa Rezim Orde Lama, mukim adalah lembaga pemerintahan yang berada di bawah nanggroe yang dipimpin oleh Ulee Balang.

1. MUKIM ADALAH LEMBAGA PEMERINTAHAN.
Menurut Sejarahnya, sejak masa Kerajaan Aceh Darussalam hingga awal Pemerintahan NKRI dimasa Rezim Orde Lama, mukim adalah lembaga pemerintahan yang berada di bawah nanggroe yang dipimpin oleh Ulee Balang. Pada masa Kerajaan Aceh Darussalam, jenjang pemerintahan (Thamrin):
      1. Kerajaan (Sultan)
      2. Sagoe (Panglima Sagoe)
      3. Nanggroe (Ulee Balang)
      4. Mukim (imuem mukim)
      5. Gampong (keuchik).

Pada masa awal kemerdekaan atau era Rezim Orde Lama, mukim juga sebagai lembaga pemerintahan. Jenjang pemerintahan pada masa itu :
   1. Pemerintahan Pusat
      2. Pemerintahan Provinsi
      3. Pemerintahan Keresidenan (dihapus dg Perpres 22/1963)
      3. Pemerintahan Kabupaten
      4. Pemerintah Kewedanaan (dihapus dg Perpres 22/1963)
      5. Pemerintahan Mukim
      6. Pemerintahan Gampong.

Pada Masa Orde Baru. Mukim tidak lagi diakui sebagai pemerintahan. Jenjang pemerintahannya, menjadi :
      1. Pemerintahan Pusat
      2. Pemerintahan Daerah Tingkat I
      3. Pemerintahan Daerah Tingkat II
      4. Pemerintah Kecamatan
      5. Pemerintahan Desa / Pemerintah Kelurahan.
 
Pada Masa Reformasi. Sekarang, Mukim kembali diakui sebagai lembaga pemerintahan. Jenjang pemerintahan masa kini :
      1. Pemerintahan Pusat
      2. Pemerintahan Provinsi
      3. Pemerintahan Kabupaten/kota
      4. Pemerintah Kecamatan (SKPD Pemkab)
      5. Pemerintahan Mukim
      6. Pemerintahan Gampong

Diakui kembali dengan UU 18/2001 tentang Otsus NAD, yang dijabarkan dengan  Qanun 4/2003 tentang Pemerintahan Mukim. Dalam Pasal 3 Qanun 4/2003, ditegaskan bahwa tugas menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, peningkatan pelaksanaan syariat Islam.

Unsur Pemerintahan Mukim adalah Imeum Mukim dan Tuha Lapan. Kedudukan mereka setara (santeut). Tuha lapan terdiri dari unsur: ulama, cendekia, tokoh masyarakat, pemuda, dan lain-lain (tuha, tuho, teupeu, teupat).
Sedangkan unsur Pemerintah Mukim adalah imeum mukim, imeum chik, perangkat mukim (sekretatis, kepala urusan adm, dan tuha adat).

Posisi seperti di atas, sekarang, yang menempatkan imeum chik di bawah imeum mukim, hemat saya tidak sesuai dengan prinsip pembagian kekuasaan yang dipraktekkan pada masa lalu. Pada masa Kerajaan Aceh sebelum adanya NKRI maupun masa awal Republik Indonesia (Orde Lama), dikenal tiga pilar kekuasaan dalam pemerintahan mukim yang berkedudukan setara, yaitu : Imeum Mukim, Imeum Chik, dan Tuha Lapan. Sistem pembagian kekuasaan seperti ini telah dipraktekkan sejak masa Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636), jauh hari sebelum Montesquei memperkenalkan teorinya tentang trias politica. 

2.  MUKIM BERKUASA ATAS SUMBERDAYA ALAM (SDA)
Kekuasaan mukim atas sumberdaya alam merupakan eksistensinya sebagai lembaga pemerintahan otonom, yang mempunyai kekayaan dan sumber keuangan tersendiri (asli), system kepemimpinan, hukumnya sendiri, serta tata peradilannya.

Sumberdaya Alam (SDA) di bawah kekuasaan mukim adalah apasaja yang merupakan hak ulayat mukim, baik  yang telah dikuasai/kelola ataupun yang belum, sepanjang dalam batas jangkauan mereka menurut kriteria hukum adatnya. SDA ini dapat berupa pasie, laot, blang/umong, peukan, krueng, alue, glee, uteun, rawa, paya, kuala, danau, rod, jalan, pareek, dan lain-lain.

SDA yang belum mereka kelola pun merupakan hak ulayat mukim. Makna belum dikelola bukan berarti atau bermaksud ditelantarkan, melainkan sebagai warisan dan hak generasi berikutnya. Jadi dalam perspektif kearifan masyarakat hukum mukim, khususnya yang mendiami kawasan pedalaman, SDA bukan semuanya harus dikuasasi atau dikelola secara sekaligus. Tetapi perlu disisakan untuk kawasan pengelolaan masa depan oleh generasi berikutnya dengan kemampuan yang berkembang sesuai dengan masanya.

Berkuasa atau kekuasaan”  bermakna memiliki kewenangan mengatur, memberikan izin, dan melakukan pengawasan. Sedangkan operasional pelaksanaan pengelolaan SDA dilakukan oleh masing-masing petua adatnya sebagai sebagai satuan kerja perangkat mukim (SKPM) sesuai dengan jenis SDA-nya, yaitu :
Laot dikelola oleh panglima laot,
Peukan dikelola oleh Haria Peukan,
Blang dikelola oleh Kejruen Blang,
Lampoeh dikelola oleh Petua Seuneubok,
Uteun dikelola oleh Pawang Glee/panglima uteun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat